Senin, 26 Februari 2018

Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi Redmi


Yukampus.com - Cara mudah masuk mode recovery di ponsel Xiaomi. Setelah sebelumnya kita sudah bahas Cara Downgrade MIUI via Recovery Mode, alangkah lebih baiknya kita juga bahas cara masuk Recovery Mode pada ponsel Xiaomi.

Sebenarnya, seharusnya artikel ini dipublish terlebih dahulu, tapi saya lupa, he he.




Baik, sebelum kita masuk ke topik inti, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai Recovery Mode.

Apa Itu Recovery Mode?

Recovery Mode adalah sebuah mode yang ada pada seluruh ponsel Android, termasuk Xiaomi yang bisa digunakan oleh pengguna yang ingin mengoprek, mengganti, downgrade dan updgrade ROM. Pada kasus ini, kita akan melakukan ganti ROM pada smartphone Xiaomi.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengganti ROM. Sebelumnya juga sudah dibahas tentang Cara Downgrade ROM Via Fastboot. Recovery Mode menjadi langkah yang lebih mudah dibanding Fastboot Mode karena tidak memerlukan PC atau laptop.

Nah, pengguna Xiaomi biasanya yang sering melakukan hal ini. Ada beberapa alasan yang membuat para pengguna Xiaomi melakukan update ROM lewat Recovery Mode, diantaranya adalah :
  • Ada aplikasi yang tidak kompatibel dengan handphone.
  • Ada aplikasi error sehingga mengakibatkan handphone mengalami bootloop.
  • Lupa password, pola, dan PIN dari berbagai aplikasi saat membuka kunci handphone.
  • Handphone menyala tapi tidak ada aplikasi apa-apa.

    Jika terjadi masalah-masalah tersebut, maka solusi yang paling tepat dan paling ampuh adalah mengganti ROM yang terpasang pada smartphone kita. Caranya sangat mudah, kita bisa melakukannya tanpa menggunakan laptop, cukup masuk ke Recovery Mode saja.

    Tapi terlebih dulu pastikan Smartphone Xiaomi kita Sudah UBL. Anda juga bisa membaca cara melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Xiaomi.

    Bagaimana Cara Masuk Recovery Mode di Xiaomi?

    Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk bisa masuk Mode Recovery.

    Yang pertama, dengan kombinasi tombol

    1. Matikan ponsel Xiaomi, tekan Tombol Power > Power Off
    2. Saat ponsel mati, tekan kombinasi tombol Power dan Volume Up (+)

    Yang kedua, melalui system update

    1. Masuk ke menu Updater (untuk MIUI 9 keatas, caranya bisa dilihat disini)
    2. Klik tombol tiga titik di pojok kanan atas
    3. Klik Reboot to Recovery

    Setelah itu, anda akan bisa masuk ke Recovery Mode. Dan setelah masuk mode tersebut, anda bisa melakukan downgrade atau upgrade via Recovery Mode.

    Pastikan bahwa smartphone anda sudah UBL. Pastikan juga ROM yang telah anda download tidak error ketika diextract.

    Itulah dua cara mudah masuk mode Recovery pada ponsel Xiaomi. Cara ini juga bisa dilakukan di smartphone Android lainnya. Khusus untuk smartphone Xiaomi, cara ini bisa dilakukan pada Mi A1, Mi Max 2, Redmi Note 4, Redmi 5 Plus, Redmi 5A, Redmi 4X, dan seluruh ponsel Xiaomi lainnya.

    Sekian tutorial kali ini, apabila ada pertanyaan, saran atau kritik bisa ditulis di kolom komentar bawah ini. Admin juga masih newbie dalam hal dunia perflashingan Xiaomi, jadi harap maklum, he he.


    0 komentar

    Posting Komentar