Selasa, 20 Februari 2018

Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi Via Fastboot Dengan Testpoin


Yukampus.com - Solusi mengatasi gagal Flashing MIUI dengan Testpoin. Bagi pemula pada dunia flashing MIUI atau smartphone Xiaomi seperti saya, mungkin akan banyak kebingungan yang timbul saat pertama kali mencoba ganti ROM, baik update atau downgrade.




Yang pertama kali terpikirkan di benak saya ketika gagal melakukan flashing pada ponsel Xiaomi adalah : mungkin aplikasinya yang error atau filenya yang corrupt.

Tapi setelah saya download ulang MiFlash dan ROM yang saya gunakan (waktu itu MIUI), tetap saja muncul pesan / notifikasi error.

Setelah bertanya ke Google, ke teman, dan ke yang ahli di bidangnya (asyik :D), akhirnya saya menemukan fakta yang begitu mengejutkan. Dan solusi untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan melakukan Unlock Bootloader (UBL) terlebih dahulu.

Pantas saja saya tidak bisa melakukan flashing, smartphone Xiaomi saya belum di UBL rupanya (saat itu saya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 4).

Tapi ketika sudah di UBL dan saya sudah tes bahwa smartphone Xiaomi saya memang sudah di UBL, saya tetap gagal menjalankan flashing Xiaomi. Saat itu saya menggunakan mode Fastboot. Ada keterangan error seperti ini :

Unspecified error (0x800040005 error: cannot load …

Setelah Googling kembali, akhirnya saya menemukan pencerahan kedua. Bahwa hanya ada satu cara yang dapat dilakukan agar flashing tetap berjalan dengan normal, yaitu dengan Testpoin / Bypass Chipset flashing, alias langsung tembak ke CPU nya.

Apa itu Test Point?

TestPoin adalah cara yang dilakukan agar proses mendeteksikan IC CPU supaya terhubung dan bisa terbaca oleh komputer / laptop. Kemudian IC CPU akan kita perintahkan agar smartphone benar-benar mati total saat proses flashing.

Berbeda dengan mode Fastboot yang memberikan informasi berapa presentase flashing pada ponsel Xiaomi kita.

Namun masalah akan terjadi pada smartphone yang memiliki garansi. Jika dilakukan TestPoin, maka kemungkinan besar garansi tersebut bisa saja hilang.

Ada sebuah cara yang dapat digunakan untuk memerintahkan Xiaomi masuk ke mode TestPoin. Kemudian kita bisa menggunakannya untuk flashing dengan MiFlash dengan lancar.

Bagaimana cara masuk mode TestPoin pada Ponsel Xiaomi?

  1. Download Go Test Poin Tool for Xiaomi
  2. Silahkan masuk ke Mode Fastboot
  3. Buka file fastboot.bat (intinya, buka file yang ada kata-kata Fastboot)
  4. Setelah itu, Smartphone Xiaomi kita akan sendirinya masuk ke mode TestPoin
  5. Lanjutkan proses flashing Xiaomi melalui PC

Lakukan seperti biasa dan pastikan tidak ada file yang corrupt. Extract file menggunakan 7zip agar bisa dijalankan sempurna.

Demikian tutorial singkat mengenai cara mengatasi Error Flashing Xiaomi dengan Mode Testpoin. Tutorial ini bisa dilakukan atau diterapkan pada semua ponsel Xiaomi baik smartphone Xiaomi Redmi, Xiaomi Mi, dan juga Xiaomi Redmi Note semua tipe.


0 komentar

Posting Komentar