Jumat, 12 Juli 2019

Bacaan Doa Sebelum Bekerja dan Doa Mendapat Pekerjaan (Arab, Latin, Terjemahan)


Yukampus.com - Bacaan doa sebelum bekerja dan doa mendapat pekerjaan. Bekerja dilakukan untuk mencari rezeki. Terutama bagi laki-laki yang sudah menikah, bekerja tidak hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, melainkan juga kebutuhan keluarganya (istri, anak dan orangtua yang sudah pensiun).

doa sebelum berangkat kerja dan doa mendapat pekerjaan

Agar segala urusan pekerjaan kita lancar dan mendapat berkah dari Allah SWT, kita perlu membaca doa sebelum berangkat bekerja. Selain itu, bagi yang masih berusaha mencari kerja, lakukanlah sekuat tenaga sambil membaca doa untuk meminta pekerjaan.

Kenapa harus berdoa? Karena sumber rezeki datangnya dari Allah SWT. Harta yang kita miliki di dunia juga merupakan titipan-Nya. Walaupun kita sudah berusaha keras untuk mencari nafkah, namun apabila Allah SWT tidak menghendaki, maka kita tidak akan menerima apapun.

Doa Minta Pekerjaan yang Halal

Bagi yang belum mendapat pekerjaan, ingatlah bahwa selain kerja keras dan usaha, doa juga akan menentukan apakah kita akan diterima kerja pada tempat yang kita lamar atau tidak. Bacalah doa berikut bagi yang masih sedang mencari kerja.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ 

Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi' khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni'nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu 'annii.

Artinya :
"Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku."
- (HR. Ibnu An-Najjar)

Doa Sebelum Berangkat Kerja

doa sebelum berangkat kerja

Bagi yang sudah memiliki pekerjaan yang halal, bacalah doa beirkut setiap sebelum berangkat kerja. Doa ini juga dapat dibaca bersamaan dengan Doa Naik Kendaraan untuk memohon keselamatan, berkah dan rezeki yang lancar.

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً,  وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ.  اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ,  وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta'milnii thayyibaa. Alloohummaj'al ausa'a  rizqika'alayya'inda kibari sinnii wanqithoo'i'umrii. Alloohummakfinii bihalaalika'an haraamika. Wa aghninii bifadhlika'amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi'an naafi'an. Alloohumma innii as-alukan na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya:
Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

Kesimpulan

Itulah bacaan Doa Sebelum Bekerja yang dapat dibaca sebanyak tiga kali sebelum bekerja. Jika ingin membacanya dengan doa naik kendaraan, doa ini dapat dibaca sebelum atau sesudahnya, namun lebih baik sebelum membaca doa menaiki kendaraan karena niat utama kita adalah untuk bekerja.

Baca :

0 komentar

Posting Komentar