Minggu, 14 Juli 2019

Bacaan Doa Takbir Idul Fitri dan Idul Adha (Arab, Latin, Terjemahan)


Yukampus.com - Bacaan doa takbir idul fitri dan idul adha. Pada malam hari terahir puasa ramadhan, setelah sholat isya sampai pagi hari sebelum melaksanakan sholat idul fitri, umat musim mengumandangkan bacaan takbir baik yang singkat maupun yang panjang atau lengkap.

bacaan doa takbir idul fitri dan idul adha

Selain itu, bacaan doa takbir juga dibaca ketika malam hari sampai pagi pada tanggal 10 dzulhijjah sebelum melaksanakan ibadah sholat idul adha atau pada hari raya kurban. Di mana setelah melaksanakan sholat tersebut, umat muslim akan menyembelih kambing, sapi, domba atau kerbau sebagai kurban.

Di Indonesia sendiri, selain takbir yang dikumandangkan di masjid dengan bedug, ada tradisi unik yang tidak dijumpai di negara lain yaitu takbir keliling. Biasanya anak muda sampai remaja laki-laki yang melakukan tradisi yang masih berlangsung hingga kini.

Tujuannya adalah selain untuk memeriahkan hari kemenangan atau hari raya, juga agar masyarakat yang tinggal di daerah yang berada di pelosok terpencil yang jauh dari masjid atau mushola dapat mendengar takbir. Meski pada saat ini sudah semakin banyak masjid dan mushola yang dibangun di pelosok negeri.

Apakah ada perbedaan bacaan takbir sebelum sholat idul fitri dan sholat idul adha? Tidak ada. Pada dasarnya bacaan doa takbirnya sama saja. Yang membedakan hanya bacaan niat sholat idul fitri dan idul adha yang dikerjakan pada pagi hari.

bacaan doa takbiran

Dan berikut adalah bacaan doa takbir yang dikumandangkan pada malam hari raya dalam bahasa Arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

Bacaan Doa Takbir Singkat

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"

Artinya:
"Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah".

Bacaan Doa Takbir Lengkap

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ
اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً ـ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ . اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..
Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil - hamd.

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar.....
Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa,...
wasubhaanallaahi bukrataw - wa ashillaa.

Laa - ilaaha illallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu
Mukhlishiina lahuddiin
Walau karihal - kaafiruun
Walau karihal munafiqun
Walau karihal musyriku

Laa - ilaaha - illallaahu wahdah, shadaqa wa'dah, wanashara 'abdah, - wa - a'azza - jundah, wahazamal - ahzaaba wahdah.

Laa - ilaaha illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil - hamd.

Artinya:
Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar.
Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan Allah Mahabesar.
Allah Mahabesar dan segala puji hanya bagi Allah

Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar
Allah maha besar dengan segala kebesaran,
Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya,
Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore.
Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya.

Kesimpulan

Itulah bacaan doa takbir untuk takbiran pada malam hari raya idul fitri pada tanggal 1 syawal atau idul adha pada tanggal 10 dzulhijjah. Doa takbiran yang dapat dibaca di masjid, mushola maupun takbir keliling untuk memeriahkan dan memperingati hari raya umat Islam.

Baca :

0 komentar

Posting Komentar