Rabu, 10 Januari 2018

Cara Cek Xiaomi Sudah UBL (Unlock Bootloader) Atau Belum


Yukampus.com - Cek Xiaomi Sudah Unlock Bootloader atau Belum. Bagi kita seorang pecinta Xiaomi, tidak lengkap rasanya bila tidak mencoba performa smartphone Xiaomi kita dengan memasang sejumlah ROM baik ROM MIUI berbagai Versi atau ROM pihak ketiga.

Tapi untuk smartphone Xiaomi keluaran baru, kita tidak bisa seenaknya melakukan pergantian ROM tanpa izin dari pihak Xiaomi. Tenang saja, Xiaomi masih memberi kesempatan pada para penggunannya yang ingin berganti ROM dengan mengeluarkan fitur Unlock Bootloader.



Bagaimana Cara Ganti ROM Xiaomi?

Jika kita ingin mengganti ROM pada smartphone Xiaomi kita, terlebih dulu kita harus melakukan UBL pada smartphone Xiaomi kita.

UBL dilakukan agar Fastboot bisa menerima update ROM melalui Boot Recovery. Tanpa UBL, jangan harap smartphone Xiaomi kita bisa di ubah ROM-nya.

Bagaimana Cara Cek HP Xiaomi Sudah UBL Atau Belum?

Tapi kadang bagi para pembeli smartphone Xiaomi tangan kedua atau second, kadang kita ragu apakah smartphone Xiaomi kita sudah di UBL atau belum.

Karena kita tidak tahu apakah pengguna sebelumnya telah melakukan UBL pada smartphone kita atau belum. Tapi jangan khawatir, ada fitur dari MIUI yang bisa kita gunakan untuk mengecek apakah Xiaomi kita sudah di Unlock Bootloader atau belum.

1. Masuk Setting

Yang pertama kita lakukan adalah masuk ke menu setting, kemudian kita scroll ke bagian paling bawah sampai ketemu menu About.

Masuk ke menu tersebut dan kita akan dihadapkan dengan info seputar software, sistem operasi, dan hardware yang digunakan pada ponsel Xiaomi kita.

2. Ketuk 5 Kali MIUI Version

Pada info MIUI Version, kita harus mengetuk sampai 5 kali hingga muncul tulisan dibawah layar “you are now developer” yang artinya adalah “kamu sekarang adalah developer”.

Fungsinya apa? Fungsinya untuk memunculkan menu Developer Option pada Additional Setting yang sebelumnya tidak tersedia.

3. Masuk ke Additional Setting >> Developer Option

Nah kita kembali ke menu awal Setting dan kemudian masuk ke menu Additional Setitng. Sebelumnya kita tidak menemukan menu Developer Option, tapi setelah melakukan langkah 2 kita bisa melihat menu tersebut. Masuk ke menu tersebut untuk mengetahui info dari status UBL kita.

4. Cek Mi Unlock Status

Pada menu Developer Option, kita bisa melihat menu Mi Unlock Status (diatas menu Demo Mode dan dibawah menu Multiprocess WebView). klik saja menu tersebut dan kita akan langsung mengetahui apakah Bootloader smartphone Xiaomi kita terkunci atau terbuka. Jika tulisannya

“This Device is Locked”

artinya smartphone Xiaomi kita belum di UBL dan jika tulisannya

“This Device is Unlocked”

artinya handphone Xiaomi kita sudah di Unlock Bootloader.

Jika smartphone Xiaomi kita belum di UBL, kita tidak bisa berganti ROM. Kita harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, tinggal ikuti beberapa langkah yang tersedia pada link tersebut dengan teliti.

Tutorial cara cek status UBL Xiaomi ini bisa dilakukan di semua smartphone Xiaomi kita baik MIUI 9, MIUI 8, atau juga MIUI 7 pada smartphone Xiaomi Redmi, Xiaomi Mi, atau juga Xiaomi Redmi Note semua tipe. Bahkan di ponsel Android lain yang menggunakan MIUI pada perangkat mereka.


0 komentar

Posting Komentar