Minggu, 04 Februari 2018

Cara Downgrade MIUI Via Fastboot Xiaomi Redmi


Yukampus.com - Cara Ganti ROM MIUI Lewat Fastboot. Begitu mudah bagi kita bila ingin melakukan pergantian ROM di ponsel Xiaomi. Bila pada ponsel kita terjadi kerusakan sistem seperti browser tidak berfungsi dengan baik, jaringan atau sinyal 3G dan 4G sering hilang dan mungkin tidak ada lagi.

Mungkin saja hal itu disebabkan karena ada sistem dalam ROM kita yang rusak.




Atau apabila kita sudah melakukan update ROM seperti pada kasus Xiaomi Redmi Note 4 yang saat ini sudah mencapai MIUI 9 tapi di banyak forum-forum saya sering membaca komentar dari para pengguna Mido bahwa ROM yang terbaru justru semakin boros baterainya meski performanya lebih baik dan lebih cepat.

Memang harus ada yang dikorbankan bila ingin meningkatkan performa, yaitu sumber daya alias baterai. 

Oleh karena itu banyak yang memilih untuk kembali menggunakan MIUI versi lama seperti MIUI 8.2.10 yang dianggap sebagai ROM keramat karena dianggap sangat irit baterai dan performanya terbilang stabil.

Tapi bila kita ingin melakukan downgrade MIUI, kita tidak bisa langsung melakukan flashing pada ponsel Xiaomi kita, terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa ponsel Xiaomi kita sudah memenuhi beberapa tahap berikut ini.

Jika kedua langkah tersebut sudah dilakukan, maka kita bisa melakukan downgrade pada ponsel Xiaomi. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk downgrade Xiaomi yang bisa anda baca disini, tapi cara yang paling direkomendasikan oleh para senior-senior Xiaomi adalah Fastboot.

Kenapa Fastboot?

Karena Fastboot melakukan flashing dengan cara mengganti seluruh sistem yang ada di ponsel Xiaomi dan menghapus seluruh data-data lama sehingga tidak akan terjadi bentrok data pada ponsel Xiaomi kita.

Bagaimana cara downgrade MIUI menggunakan Fastboot?


1. Masuk Mode Fastboot

Terlebih dahulu kita harus mematikan ponsel Xiaomi dan masuk mode Fastboot dengan klik kombinasi tombol Volume dan Power Down. Atau bila ada kesulitan, bisa baca alternatif cara masuk mode Fastboot Xiaomi.

2. Hubungkan Ponsel ke PC

Setelah masuk mode Fastboot hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data.

3. Buka Aplikasi MiFlash Tool

Buka Mi Flash Tool dan klik refresh untuk mendeteksi perangkat (ponsel Xiaomi). apabila sudah terhubung, maka akan ada tanda berupa kombinasi angka dan huruf.

4. Pilih ROM

Pilih ROM yang akan kita gunakan untuk Flashing. ROM harus berformat .tgz, tapi ROM tersebut juga sudah harus diekstrak terlebih dahulu. Bila ada kesulitan, anda bisa melihat cara extract file .tgz menggunakan 7zip.

5. Klik Flash

Tinggal klik Flash dan tunggu proses Flashing beberapa saat. Biasanya proses flashing memakan waktu 5-20 menit tergantung kecepatan PC dan kecepatan Xiaomi kita.

Kadang ada yang gagal dalam melakukan flashing, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan Flashing Xiaomi gagal.

Bisa disebabkan beberapa hal dan cara penyelesaiannya juga berbeda. Anda bisa melihat artikel lengkapnya di link yang telah dicantumkan diatas.

Sekian tutorial untuk melakukan downdgrade di ponsel Xiaomi. Mungkin bagi orang awam di dunia Xiaomi akan merasa hal ini cukup sulit dan mungkin anda akan khawatir dengan ponsel apabila terjadi kegagalan Flashing sehingga banyak yang bertanya apakah bisa melakukan Flashing dengan menggunakan Updater saja?

Saya pernah membahasnya di artikel Cara Downgrade MIUI Via Updater. Mungkin setelah kalian membaca artikel tersebut kalian bisa lebih tahu tentang dunia flashing Xiaomi dan kalian akan penasaran untuk melakukannya.

Karena bagi saya, Xiaomi is nothing without Flashing. Happy Flashing!


0 komentar

Posting Komentar