Minggu, 04 Februari 2018

Cara Extract File .tgz Dengan Menggunakan 7zip


Yukampus.com - Ekstrak file berekstenti .tgz dengan aplikasi. Hallo kali ini admin datang lagi dengan memberikan sebuah artikel yang berisi tutorial, atau bisa dikatakan sebagai tips juga karena selain menjelaskan langkah-langkah namun juga memberi saran.

Apa sih yang akan kita bahas kali ini, meski tak secara langsung bersinggungan, tapi artikel kali ini tetap ada sangkut pautnya dengan Xiaomi.




Setelah sebelumnya anda membaca artikel mengenai Cara Flashing Xiaomi, dan kebingungan ketika melakukan langkah saat melakukan extract file .tgz, maka saya putuskan untuk membuat artikel ini.

Oh ya sebelumnya kenapa harus file .tgz padahal di website resmi MIUI ada juga file ROM yang berekstensi .zip.

Apa Bedanya ROM MIUI .zip dan .tgz?

Begini penjelasannya. Jika kita memiliki smartphone Xiaomi dengan ROM Global Stable dan ingin melakukan update secara manual (tidak langsung update melalui ponsel Xiaomi tapi mendownload terlebih dahulu ROM Update dan menginstallnya lewat Updater tanpa koneksi internet), maka kita harus menggunakan file yang berekstensi .zip dan kemudian bisa Update ROM Tanpa Koneksi Internet.

Tapi bila kita ingin melakukan downgrade atau juga ganti ROM (update ROM juga bisa) dengan menggunakan mode Fastboot (karena downgrade dan ganti ROM tidak bisa menggunakan Updater), maka kita harus menggunakan file yang berekstensi .tgz.

Intinya file .tgz itu digunakan untuk melakukan flashing pada ponsel Xiaomi melalui mode Fastboot dan file .zip hanya diperuntukkan untuk update saja melalui Updater tanpa koneksi internet.

Nah dari pengalaman saya, setelah saya mendownload ROM dan membaca Tutorial Downgrade MIUI Via Fastboot, saya tahu bahwa file itu harus diekstrak.

Karena masih sangat awam, saya langsung saja extract file itu menggunakan Winrar. File .tgz nya memang terinstall baik, tapi file images-nya tidak bisa diinstall menggunakan Winrar lagi.

Selalu saja muncul pesan eror setiap kali ingin mengekstak file yang berisi data-data seperti flash_all.bat, dll tersebut. Setelah google kesana kemari akhirnya saya tahu bahwa hal itu bisa diatasi dengan 7zip. Akhirnya saya mengekstrak file tersebut menggunakan aplikasi 7zip.

Bagaimana Cara Ekstak File .tgz dengan 7zip?


Berikut langkah-langkahnya.
  1. Yang pertama anda harus download 7zip.
  2. Kemudian install di laptop / komnputer anda sampai selesai.
  3. Klik kanan pada file images yang tidak bisa diekstrak dengan Winrar tersebut dan kemudian pilih Extract with 7zip.
  4. Tunggu beberapa saat dan proses selesai.

Setelah file sempurna terekstrak nanti akan muncul pemeritahuan bahwa proses sudah selesai. Setelah file images sudah terekstrak, barulah kita bisa melanjutkan proses Flashing seperti downgrade MIUI lewat Fastboot.

Pengalaman saya, jika hanya file .tgz saja yang diekstrak, kita masih belum bisa melakukan flashing ponsel Xiaomi. Tapi jika kita sudah mengekstrak sebanyak dua kali (file utama yang berekstensi .tgz dan file images), maka kita baru bisa melakukan flashing pada ponsel Xiaomi.

7zip juga lebih baik daripada Winrar. 7zip bisa melakukan extract atau kompres dengan ekstensi file yang lebih beragam daripada Winrar.

Kita ketahui bahwa Winrar hanya terbatas pada beberapa file ekstensi saja, dia akan bekerja lebih baik untuk file .rar, .zip, .iso, dan beberapa ekstensi familiar lain. Tapi untuk ekstensi lain, 7zip lebih bagus dan lebih terjamin.

Sekian artikel kali ini, tentang cara extact file ekstensi .tgz menggunakan aplikasi 7zip. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar flashing pada ponsel Xiaomi atau ponsel Android lainnya karena banyak ekstensi file ROM menggunakan .tgz.

Bila ada pertanyaan bisa langsung diajukan saja di kolom komentar.


0 komentar

Posting Komentar