Minggu, 25 Maret 2018

Cara Flashing Xiaomi Redmi Via Fastboot Mode EDL Update


Yukampus.com - cara melakukan flashing smartphone Xiaomi melalui mode Fastboot EDL Update. Sebelumnya telah dibahas 4 cara flashing Xiaomi. Diantaranya ada metode system update, recovery update dan fastboot update.

Dan ini adalah cara terakhir yang dapat dilakukan untuk melakukan flash pada ponsel Xiaomi.





Sebenarnya cara ini sedikit mirip dengan metode Fastboot Update yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya. Perbedaannya terletak pada mode yang digunakan karena kali ini kita menggunakan Mode EDL Update.

Apa Keunggulan Mode EDL Update?

Metode ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan metode Fastboot Update biasa, yaitu pada metode ini kita bisa melakukan flashing tanpa harus melakukan UBL, alias smartphone masih dalam kondisi Locked Bootloader.

Metode ini juga bisa diterapkan pada pengguna Xiaomi yang tidak bisa melakukan update melalui Recovery Update, System Update dan Fastboot Update. Atau juga jika kita sedang menggunakan ROM abal-abal.

Perhatian!

Meski merupakan cara yang paling bisa “membobol” ROM Xiaomi, tapi cara ini adalah cara paling sulit dilakukan. Jika belum terbiasa atau masih awam dengan koputer dan android, lebih baik cara ini jangan dilakukan terlebih dahulu.

Disarankan untuk melakukan update menggunakan Fastboot Update saja jika benar-benar belum yakin dengan risiko yang akan diterima. Ingat, bahwa risiko ketika gagal adalah tanggung jawab sendiri.

Tutorial ini hanya berlaku bagi pengguna ponsel Xiaomi dengan processor Snapdragon atau Qualcomm.


Alat dan Bahan yang Dibutuhkan :

  1. Baterai full charged atau minimal sudah terisi 50 persen.
  2. Kabel USB original Xiaomi.
  3. PC/Laptop dengan Sistem Operasi Windows 7 keatas.
  4. Driver Qualcomm HS-USB QDLoader (Windows 32 bit atau Windows 64 bit).
  5. Driver ADB Installer.
  6. Aplikasi MiFlashTools.

Langkah-Langkah :

  1. Install QDLoader HS-USB Driver.
  2. Jalankan MiFlashTools dengan cara buka path C:\XiaoMi\XiaoMiFlash, kemudian klik kanan run as administrator pada XiaoMiFlash.exe.
  3. Sambungkan perangkat Xiaomi ke PC atau Laptop dengan kabel USB original.
  4. Matikan smartphone Xiaomi dan masuk ke mode Fastboot. Baca : Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi
  5. Buka path C:\adb\, kemudian klik kombinasi tombol Shift dan Klik Kanan pada bagian kosong, lalu klik Open Command Window Here.
  6. Pastikan Xiaomi sudah terkoneksi ke PC atau Laptop dengan klik perintah fastboot devices.
  7. Lalu ketik perintah fastboot oem edl.
  8. Kemudian layar akan mati dan ditandai dengan lampu notifikasi berkedip warna merah. Saat ini ponsel Xiaomi sudah masuk ke mode EDL.
  9. Kembali ke MiFlashTools, klik Refresh maka ponsel Xiaomi akan terdeteksi sebagai COMx (bisa COM2, COM5, COM9, dll)
  10. Selanjutnya klik Select dan pilih folder dimana kamu meletakkan file hasil ekstrasi ROM yang akan digunakan untuk update.
  11. Jika sudah, klik Flash.
  12. Tunggu sampai muncul tulisan Flash Done.
  13. Jika sudah, smartphone Xiaomi akan restart secara otomatis.

Jika berhasil, maka smartphone Xiaomi kita akan otomatis menuju homescreen seperti biasa. Tapi jika gagal, saat smartphone Xiaomi kita hanya stuck di logo Mi dan tidak ada tanda titik tiga dibawah, artinya smartphone kita mengalami bootloop.

Untuk mengatasinya, kita bisa baca artikel Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi.

Pada beberapa kesempatan, pengguna Xiaomi juga tidak bisa masuk ke mode EDL. Bisa ditandai dengan smarpthone Xiaomi tetap mati, atau restart dan kembali ke homescreen.

Untuk mengatasinya, kita bisa baca artikel Cara Mengatasi Gagal Masuk Mode EDL Xiaomi Redmi.

Sekian bahasan mengenai cara flashing Xiaomi menggunakan dengan metode Fastboot mode EDL Update. Cara ini bisa diterapkan di semua ponsel Xiaomi seperti Xiaomi Redmi Note 4 (Mido), Mi Max 2, Redmi 5 Plus, Redmi 5A, dan semua ponsel Xiaomi lainnya.


0 komentar

Posting Komentar