Selasa, 06 Maret 2018

Cara Mudah Flashing Xiaomi Dengan Fastboot Mode


Yukampus.com - cara melakukan flashing xiaomi via fastboot mode. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas cara-cara melakukan flashing pada ponsel Xiaomi. Ada 4 cara flashing xiaomi yang dapat dilakukan oleh para pengguna perangkat Xiaomi untuk melakukan update, upgrade ataupun downgrade ROM.




Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu metode flashing Xiaomi yang paling sering digunakan, yaitu melalui fastboot mode. Mengapa paling sering digunakan? Karena metode fastboot mode memiliki banyak sekali keunggulan dibanding metode-metode flashing Xiaomi yang lain.

Apa itu Fastboot Mode?

Fastboot mode adalah mode dimana kita seperti ‘memaksa’ sistem di ponsel kita diubah atau diganti dengan sistem yang baru.

Apa Kelebihan Fastboot Mode?

Banyak sekali keunggulan fastboot mode untuk melakukan flashing pada ponsel Xiaomi. Diantaranya adalah kita bisa melakukan update, upgrade dan downgrade bahkan dengan ROM yang tidak sama. Misal dari MIUI ke Multirom, Bootlogers, dll.

Selain itu, kita juga bisa menginstall ROM baru dengan menghapus seluruh data yang ada, atau dengan kata lain, handphone kita seperti handphone baru.

Sangat menyenangkan bukan? Jelas, makanya metode ini paling sering dipakai dan digunakan oleh para ahli dibidangnya (he he) untuk mengotak-atik ROM. Bagi yang bosan dengan MIUI dan ingin ganti ROM lain bisa menggunakan metode ini untuk hasil yang maksimal.

Bagaimana Cara Flashing Xiaomi Dengan Fastboot Mode?

Ada beberapa langkah yang harus diikuti untuk memastikan ponsel Xiaomi kita bisa dan siap untuk di flash menggunakan fastboot mode. Berikut langkah-langkahnya.

1. Unlock Bootloader Xiaomi

Jika ingin flashing dengan metode fastboot, kita terlebih dahulu harus memastikan bahwa smartphone kita sudah di UBL (Unlock Bootloader) atau belum. Jika sudah, kita bisa melakukan tahap selanjutnya, jika belum kita harus melakukan UBL dulu. Ikuti kedua cara ini :

2. Flashing

Setelah memastikan bahwa smartphone kita sudah UBL, maka kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu melakukan flashing. Ada beberapa tahap yang harus diikuti :
  1. Masuk Mode Fastboot, Terlebih dahulu kita harus masuk mode Fastboot. Ada dua cara yang dapat kita gunakan untuk masuk ke mode fastboot. Untuk langkah lengkapnya bisa dilihat di link diatas.
  2. Download MiFlash, Buka link diatas dan download aplikasi MiFlash terbaru untuk performa terbaik.
  3. Hubungkan perangkat Xiaomi ke PC dengan kabel data, Pastikan kabel data yang digunakan adalah kabel data asli dari Xiaomi (bawaan). hal ini bertujuan agar saat flashing tidak terjadi kendala yang mengakibatkan kegagalan.
  4. Buka MiFlash, Setelah buka MiFlash, ikuti langkah-langkah berikut :
  5. Klik Refresh -> pada bagian bawah (radio button) centang Clean All -> klik Flash
  6. Tunggu beberapa saat

Setelah itu, kita tinggal menunggu flashing selesai, tandanya adalah pada aplikasi MiFlash waktu sudah tidak berjalan dan perangkat Xiaomi otomatis restart sendiri.

Tapi, bagi para pemula di dunia flashing menggunakan metode ini mungkin akan menemui beberapa kendala. Kalian bisa baca artikel

Sekian artikel mengenai cara melakukan flashing Xiaomi dengan fastboot mode. Cara ini bisa dilakukan di seluruh ponsel Xiaomi baik keluaran lama seperti Redmi 1, Redmi 2, Redmi Note 3 atau keluaran baru seperti Redmi Note 4, Redmi 5 Plus, Mi A1, Mi Max 2, Redmi 6, dll.


0 komentar

Posting Komentar