Minggu, 04 Maret 2018

Cara Mudah Flashing Xiaomi Dengan System Update (Updater)


Yukampus.com - cara flashing ponsel Xiaomi menggunakan updater atau system update. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di artikel Cara Flashing Xiaomi, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan flashing atau update dan downgrade ROM pada smartphone Xiaomi.

Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas system update atau updater.


Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan, khususnya bagi pemula yang belum paham betul dengan dunia flashing, root dan unlock bootloader pada ponsel Android, khususnya Xiaomi.

Apa Keuntungan Menggunakan System Update?

Melakukan update menggunakan updater atau system update adalah cara yang paling aman dilakukan. Kita tidak perlu menggunakan PC atau komputer untuk melakukannya, cukup menggunakan handphone Xiaomi saja dan semua bisa dilakukan.

Bagaimana Cara Flashing Xiaomi Dengan Updater?

Langsung saja, tanpa basa-basi, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan flashing pada perangkat Xiaomi.

Pertama, Download ROM

  1. Download ROM di situs resmi MIUI. Pastikan ROM yang didownload adalah ROM yang sesuai dengan tipe handphone kita. Misalnya jika handphone kita Xiaomi Redmi Note 4, maka kita harus mendownload di tab Xiaomi Redmi Note 4.
  2. Buat folder baru dengan nama downloaded_rom, letakkan di internal memory.
  3. Salin file ROM hasil download tadi dan letakkan di dalam folder tersebut.

Kedua, Install lewat Updater

  1. Buka Updater, letaknya di Settings > About > System Update (untuk MIUI 9 keatas, bisa lihat caranya disini)
  2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Choose update package
  3. Masuk ke folder download_rom dan pilih file yang kita download tadi
  4. Setelah itu, Xiaomi akan melakukan update secara otomatis.

Setelah selesai, perangkat Xiaomi akan otomatis restart sendiri (boot). lalu, ROM di Xiaomi kita akan otomatis terganti dengan ROM yang kita download barusan.

Pada saat booting, biasanya perangkat kita akan memakan waktu lebih lama dari biasanya, hal ini wajar terjadi karena perangkat kita akan menerima file-file baru dan mengintegrasikannya untuk menjadi ROM.

Cara melakukan flash dengan Updater ini adalah cara yang paling mudah dilakukan dan paling tidak memiliki risiko. Tidak akan terjadi eror apapun jika kita melakukannya sesuai prosedur. Hanya saja, cara ini memiliki kelemahan.

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kita mengupdate ROM yang sesuai dengan ROM kita sebelumnya. Maksudnya, cara ini hanya untuk melakukan update ROM, bukan untuk mengganti ROM.

Misalnya seperti ini, sebelumnya kita menggunakan MIUI 8 Global dan mau update ke MIUI 9 Global atau MIUI 8 Developer ke MIUI 9 Developer. Kita tidak bisa menggunakan system updater jika kita ingin mengganti MIUI 8 Global ke MIUI 9 Developer.

Sekian bahasan untuk cara melakukan flashing dengan system update ini. Cara berikut berlaku untuk semua ponsel Xiaomi seperti Redmi Note 4, Redmi 4X, Redmi 5 Plus, MI A1, Mi Max 2, dll.


0 komentar

Posting Komentar