Selasa, 30 Juli 2019

Cara Membuat CCTV di HP Android Sangat Mudah


Yukampus.com - Cara pasang cctv di hp android sangat mudah. CCTV atau Closed Circuit Television merupakan alat yang digunakan untuk memantau keadaan suatu tempat dari jarak jauh. Data informasi yang diterima berupa rekaman video. Pada umumnya, CCTV berbentuk kamera yang dipasang di sudut-sudut tempat tertentu.

cara membuat cctv di hp android

CCTV digunakan untuk mencegah dan meminimalisir tindak kriminal atau kejahatan. Apabila ada peristiwa kejahatan, maka polisi bisa melihat rekaman CCTV untuk mengidentifikasi pelakunya. Oleh karena itulah CCTV biasa dipasang di tempat umum seperti tempat wisata, sekolah, kampus, kantor, mall, tempat parkir dan sebagainya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini layanan CCTV tidak hanya bisa dinikmati melalui komputer dengan DVR (Digital Video Recorder) saja, melainkan juga bisa dipasang di smartphone Android. Kita bisa memasang CCTV pada sebuah Hp dengan memanfaatkan koneksi jaringan Wi-Fi atau internet publik.

Dengan menggunakan Wi-Fi, kita bisa membuat CCTV pada ponsel pada satu jaringan. Namun jika ingin membuat kamera CCTV yang terhubung dengan jaringan lain (biasanya untuk CCTV jarak jauh lebih dari 100 meter), maka yang diperlukan adalah koneksi internet publik.

Membuat CCTV di HP Dengan Wi-Fi

Kita tidak perlu membutuhkan koneksi internet pada cara ini, karaena yang diperlukan hanya koneksi Wi-Fi (sama seperti koneksi pada Share It yang membutuhkan jaringan Wi-Fi tanpa internet). Jadi, cara ini hanya bisa diterapkan pada lingkup wilayah yang sempit seperti di rumah.

Yang diperlukan hanya menambatkan smartphone dengan hotspot atau wireless dengan CCTV atau bisa juga dengan menggunakan perangkat router di rumah. Untuk langkah-langkahnya silahkan lihat di bawah ini.

1. Download IP WebCam

ip webcam

Pertama adalah mendownload aplikasi WebCam yang gratis melalui PlayStore. Aplikasi Android ini digunakan untuk mengubah smartphone menjadi kamera nirkabel. Silahkan ikuti tautan di bawah ini untuk mendownloadnya.

Download : IP WebCam

2. Buat Hotspot Wi-Fi

Yang kedua adalah mengonfigurasi hotspot pada handphone yang ingin dijadikan kamera CCTV. Caranya adalah masuk ke Pengaturan, pilih Hotspot dan atur nama, password dan semacamnya. Langkah ini juga digunakan untuk mengetahui alamat IP dan MAC Address hotspot ponsel.

Jika menggunakan router, maka langsung saja hubungkan CCTV ke Hp Android menggunakan kabel yang tersedia. Pada awalnya memang tidak terjadi apa-apa karena kita harus setting melalui aplikasi IP WebCam terlebih dahulu.

3. Hubungkan CCTV Dengan HP

Di sini dicontohkan melihat rekaman CCTV online menggunakan router, jadi langsung hubungkan CCTV ke Hp (atau laptop juga bisa). Pada langkah ini kita melakukan settingan di aplikasi IP WebCam yang telah diunduh sebelumnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Pertama, buka aplikasi IP WebCam kemudian klik Start Server
    start server ip webcam
  • Pada bagian bawah layar Hp Android akan muncul semacam IP Address, silahkan catat. 
  • Buka tautan IP Address tersebut tersebut melalui browser Google Chrome, Mozilla Firefox atau UC Browser untuk mengaksesnya di Hp Android. 
    ip cctv hp
  • Untuk live streaming CCTV Hp, silahkan pilih Video renderer atau Audio renderer sesuai keinginan Anda. 
    ip webcam chrome
  • Selesai.

Membuat CCTV di HP Dengan Internet

Langkah ini digunakan bagi yang ingin melihat live streaming CCTV jarak jauh melalui Hp Android. Caranya adalah dengan memanfaatkan jaringan internet. Namun perlu diperhatikan bahwa ini sama saja seperti nonton video di YouTube, yakni membutuhkan kuota yang tidak sedikit tergantung kualitas video yang diatur. Berikut adalah caranya.
  • Pertama buka aplikasi IP Webcam kemudian pilih Cloud Streaming
    cloud streaming ip webcam
  • Cek apakah Hp Anda kompatibel untuk melakukan live streaming CCTV atau tidak dengan mengeklik tombol Test Compatibility.
  • Kemudian login ke akun Ivideon jika tidak punya boleh daftar terlebih dahulu.
  • Jika sudah login, aktifkan radio button Cloud Streaming Active.
  • Kembali ke menu utama, kemudian pilih Start Server
    start server ip webcam
  • Lalu buka browser di Android dan akses situs https://www.ivideon.com/, lalu login dengan akun yang sama.
  • Selesai.

Kesimpulan

Itulah dua cara yang bisa diterapkan untuk membuat cctv hp, smartphone atau ponsel Android secara gratis dan mudah. Bisa untuk live streaming CCTV di Android, melihat rekaman cctv online dan memantau kamera CCTV sendiri dari jarak jauh melalui smartphone. Semoga bermanfaat.

Baca :

0 komentar

Posting Komentar