Rabu, 31 Juli 2019

Cara Setting CCTV Online Jaringan Indihome Mudah


Yukampus.com - Cara setting cctv online jaringan indihome mudah. Sebelumnya kita sudah membahas bahwa jaringan indihome bisa digunakan untuk koneksi rekaman CCTV rumahan (jarak pendek), fungsinya adalah untuk memantau keadaan suatu tempat.

setting cctv online dvr indihome

Indihome sendiri sebenarnya merupakan salah satu produk dari PT Telekomunikasi Indonesia yang menawarkan paket pelayanan data seperti telepon rumah, internet (fiber dan high speed), serta televisi interaktif (Usee TV dan kabel).

Jaringan internet yang dimiliki oleh Indihome bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan kamera CCTV agar dapat terkoneksi sehingga kita bisa melihat rekamannya dari jarak jauh. Bagaimana caranya? Di sini kita akan jelaskan.

Cara Setting CCTV Jaringan Indihome

Sebelumnya di sini kami anggap Anda telah berlangganan paket internet Indihome, boleh paket indihome tanpa telepon rumah, yang penting ada internetnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Login Akun Indihome

Pertama adalah login terlebih dahulu ke akun admin Indihome. Bisa menggunakan Google Chrome maupun menggunakan Mozilla Firefox di Hp atau laptop. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Buka browser terlebih dahulu.
  • Akses halaman http://192.168.100.1 pada address bar.
  • Masukkan username : telecomadmin dan password : admintelecom pada modem Huawei HG8245A atau merk lainnya.

2. Ketahui IP Port DVR CCTV Indihome

Masuk ke menu network yang ada pada halaman dashboard DVR. Perhatikan IP yang ada dan port yang tersedia karena biasanya DVR memiliki minimal 1 port tersisa, ada yang punya 2 dan ada juga yang 3. Berikut adalah keterangan masing-masing port.
  • HTTP Port merupakan port DVR yang berfungsi untuk menghubungkan DVR dengan CCTV pada agar dapat dipantau pada browser di komputer atau smartphone. Broswer yang kompatibel antara lain Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, UC Browser dan sebagainya.
  • Media Port/TCP Port adalah salah satu port DVR yang gunanya untuk memonitor CCTV melalui aplikasi bawaan untuk windows atau PC. Biasanya aplikasi khusus CCTV bawaan ini tersedia pada saat pembelian.
  • Mobile Port adalah port yang berfungsi khusus untuk memantau layar CCTV pada ponsel Android, iOs, Windows Phone atau Blackberry OS.

Ketahuilah masing-masing nomor port tersebut melalui halaman dashboard yang ada di DVR (Digital Video Recorder). Cari tahu juga IP DVR staticnya. IP port-port tersebut berfungsi pada pengaturan port forwarding nantinya. Contohnya seperti ini.
  • HTTP Port : 8080
  • Media Port/TCP Port : 8181
  • Mobile Port : 8282
  • IP DVR Static : 192.168.100.2

3. Setting Port Forwarding

Kemudian lakukan settingan port forwarding seperti WAN Name, external start port, internal start port, protocol, mapping name, external end port, internal end port, dan inteal host. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

port forwarding dvr

Untuk setting DVR online CCTV Indihome modem fiber optik tipe ZTE F660, maka IP DVR 192.168.1.10 port 5445. Untuk DVR Avtech, DVR yang menggunakan 3 port maka langkahnya bisa diulang sebanyak tiga kali masing-masing untuk HTTP Port, Media Port, Mobile Port dengan IP lokal yang sama yakni 192.168.1.10. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

port forwarding dvr zte



Kesimpulan

Itulah cara mengatur atau setting cctv indihome pada DVR dengan modem internet indihome agar online dan bisa dipantau melalui hp, laptop, komputer, setting cctv modem huawei hg8245h, fiberhome, biaya pemasangan, setting cctv online telkom indihome fiber optik tanpa dyndns.

Baca :

0 komentar

Posting Komentar