Kamis, 01 Agustus 2019

Cara Setting IP Camera Hikvision Sangat Mudah


Yukampus.com - Cara setting ip hikvision sangat mudah. Banyak orang mengira bahwa ketika menggunakan CCTV maka harus menghubungkannya dengan NVR (Network Video Recorder) jika ingin memantau secara online menggunakan smartphone atau laptop.

setting ip camera hikvision

Namun ternyata ada cara yang lebih mudah untuk melihat rekaman CCTV secara live streaming tanpa memakai NVR atau DVR. Video yang terdapat pada kamera CCTV masih tetap dapat dipantau melalui handphone dari jarak jauh.

Contohnya adalah pada CCTV merk Hikvision 2 MP seri DS-2CD2020F-I yang kebetulan mendukung fitur pemasangan ip cam CCTV tanpa DVR dan NVR. Selain seri tersebut, cara ini juga bisa diterapkan pada beberapa CCTV dari Hikvision dan Hilook.

Syarat Pasang CCTV Hikvision Tanpa NVR dan DVR

Tutorial berikut bersumber dari internet dan telah diujicoba kemudian berhasil. Namun perlu diperhatikan bahwa tutorial ini hanya dicoba pada jaringan internet Indihome dan modem router 3G sebagai perangkat untuk menghubungkan IP kamera CCTV.

Untuk spesifikasi jaringan lainnya belum diketahui apakah bisa berhasil atau tidak namun silahkan dicoba saja. Mungkin sih berhasil, asal mengikuti panduan pengaturan kamera CCTV Hikvision berikut ini dengan benar.

Cara Setting IP Camera Hikvision Tanpa NVR dan DVR

Berikut adalah cara mengatur settingan ip camera Hikvision atau Hilook tanpa menggunakan Digital Video Recorder atau Network Video Recorder. Ada dua langkah yang perlu dilakukan yakni setting pada aplikasi SADP tool di laptop dan pengaturan pada aplikasi smartphone Android.

1. Setting Pada SADP Tool Hikvision

Pertama adalah melakukan pengaturan pada software SADP. Gunanya adalah untuk menghubungkan camera CCTV dengan komputer melalui jaringan internet Indihome pada router. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Hubungkan kamera CCTV Ipcam dengan router yang ada di rumah Anda.
  • Setelah terhubung, buka laptop atau komputer, kemudian hubungkan juga laptop dengan router yang sama.
  • Buka aplikasi SADP Tool untuk Hikvision di PC. Jika belum punya silahkan download dulu SADP Tool.
  • Kembali ke CCTV, jika sudah terhubung maka software SADP akan menampilkan kamera-kamera CCTV yang terhubung dengan router seprti gambar dibawah ini. 
    sadp tool
  • Jika kamera baru, maka harus diaktivasi terlebih dahulu, caranya adalah masukkan password baru sesuai keinginan kalian sebanyak dua kali, kemudian klik Activate
    password cctv sadp tool
  • Jika sudah diaktivasi, silahkan centang pada Enable DHCP dan Enable Hik-Connect
    modify sadp tool
  • Lalu masukkan Password yang telah dibuat.
  • Kemudian klik Modify.
  • Kemudian akan muncul verification code seperti gambar di bawah ini. Isikan dengan kombinasi huruf dan angka sebanyak 6 digit bebas terserah Anda, kemudian klik Confirm
    verification code sadp tool
  • Selesai.

2. Setting Pada Smartphone Android

Yang kedua adalah melakukan pengaturan pada apk Android, di sini kita menggunakan IVMS-4500 yang bisa didownload melalui Play Store secara gratis.
  • Pertama adalah download IVMS 4500
    ivms 4500
  • Login untuk masuk ke halaman admin namun jika belum punya akun silahkan sign up terlebih dahulu.
  • Setelah login Anda akan diarahkan ke halaman daftar device. Jika akun baru, maka belum ada device atau perangkat CCTV yang terhubung.
  • Tambahkan perangkat kameara dengan menekan tombol tambah di pojok kanan bawah, kemudian masukkan SN kamera CCTV yang jumlahnya 9 digit (biasanya ada di kotak kardus pada saat pembelian).
  • Aplikasi IVMS 4500 akan mencari jenis perangkat CCTV berdasarkan SN yang telah diinput, jika ketemu, maka bisa langsung ditambahkan dan bisa terlihat pada daftar device CCTV.
  • Untuk menonton live streaming CCTV Hikvision online melalui Hp, silahan pilih jenis CCTVnya dan kemudian masukkan verification code sesuai dengan yang sebelumnya dibuat pada SADP Tool.
  • Selesai.

Kesimpulan

Itulah cara setting ip camera hikvision, pengaturan agar bisa online dan live view via smartphone Android, instalasi alamat ip address cctv camera hikvision, secara online dengan jaringan internet menggunakan Indihome atau router 3g dengan mudah.

Baca :

0 komentar

Posting Komentar