Selasa, 23 Juli 2019

Niat dan Tata Sholat Tarawih dan Witir Sesuai Sunnah


Yukampus.com - Niat dan tata cara sholat tarawih dan witir sesuai sunnah. Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling mulia bagi umat Islam. Pada bulan tersebut setiap amalan dan ibadah yang dikerjakan akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk sholat sunnah tarawih dan witir.

niat dan tata cara sholat tarawih witir sesuai sunnah

Kedua sholat tersebut hanya dikerjakan pada bulan ramadhan saja. Betapa beruntungnya kita bagi yang mengerjakan ibadah shalat tarawih dan witir. Seluruh umat Islam pasti akan berbondong-bondong ke masjid atau mushola pada malam hari untuk mengerjakannya.

Mengerjakan sholat tarawih dan witir sama sepeti mengerjakan sholat sunnah pada umumnya, yakni dimulai dengan membaca niat sampai mengucap dua kali salam. Bacaan niat sholat tarawih dan witir juga tidak jauh berbeda dengan sholat lain, hanya perbedaan pada nama sholatnya saja.

Bacaan Doa Niat Sholat Tarawih

niat sholat tarawih

Membaca lafadz niat shalat tarawih harus diucapkan dengan sungguh-sungguh karena niat merupakan tonggak dari beribadah. Apakah sholat kita sah atau tidak itu tergantung dari niat, maka dari itu bila melafalkannya setengah hati, maka sholat tarawih tidak dihitung sebagai ibadah.

Berikut adalah bacaan lafadz niat salat tarawih pada bulan ramadhan dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya sesuai sunnah.

1. Niat Shalat Tarawih Sebagai Imam


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya:
"Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah."

2. Niat Shalat Tarawih Sebagai Makmum


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya:
Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah."

Bacaan Doa Niat Sholat Witir

niat sholat witir

Sholat witir dikerjakan setelah sholat tarawih. Biasanya pada sholat berjamaah, jeda antara tarawih dan witir diisi dengan ceramah atau kultum. Tradisi ini masih sering dipertahankan sampai sekarang baik untuk NU dan Muhammadiyah.

Bacaan lafal niat sholat witir terdiri dari dua, yakni doa niat witir untuk imam dan untuk makmum. Tentu kedua bacaanya berbeda dan berikut adalah bacaan niat witir dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

1. Niat Shalat Witir Untuk Imam


اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى 

Ushallii sunnatal-witri salasa’raka’atin mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya (berniat) mengerjakan Sholat Sunnah Witir, tiga raka’at dengan menghadap kiblat, imam, karena Allah Ta’ala".

2. Niat Shalat Witir Untuk Makmum


اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

Ushallii sunnatal-witri salasa’raka’atin mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya (berniat) mengerjakan Sholat Sunnah Witir, tiga raka’at dengan menghadap kiblat, makmum, karena Allah Ta’ala".

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tarawih dan Witir

Sholat tarawih dan witir dikerjakan pada bulan ramadhan mulai tanggal 1 sampai 30. Shalat ini dilaksanakan setelah sholat isya, dan biasanya dikerjakan secara berjamaah meski boleh juga dilaksanakan sendiri-sendiri di rumah.

Jumlah rakaat dari sholat tarawih adalah 8 atau 20. Untuk Muhammadiyah biasanya memilih mengerjakan 8 rakaat dengan bacaan surat yang panjang sedangkan NU biasanya mengerkajan 20 rakaat dengan bacaan surat yang lebih pendek.

Untuk pengerjaannya sama seperti sholat pada umumnya. Salam dibaca setiap dua rakaat atau empat rakaat sekali meski lebih banyak yang memilih 2 rakaat. Kemudian pada setiap 4 rakaat, biasanya jemaah membaca bilal sholat tarawih dan witir oleh satu orang dan yang lain menjawabnya.

Sedangkan sholat witir dikerjakan sebanyak 3 rakaat, boleh dengan tiga rakaat sekaligus maupun dibagi dalam 2 rakaat dan 1 rakaat. Surat yang dibaca pada rakaat terakhir biasanya merupakan surat terakhir dalam al-quran, yakni al-ikhlas, al-falaq dan an-nas.

Setelah selesai, jangan lupa menambah amalan dengan doa membaca doa setelah sholat tarawih dan witir. Tentu diniatkan hanya untuk mengharap ridha Allah SWT agar dalam berpuasa, pahala yang kita peroleh semakin banyak.

Apabila dalam pertengahan sholat tarawih dan witir kita ingin buang air kecil, maka tidak masalah meninggalkan beberapa rakaat dan tidak harus mengulang karena ini merupakan sholat sunnah bukan wajib. Yang penting, ketika melaksanakannya harus didasari dengan niat yang sungguh-sungguh.

Kesimpulan

Itulah niat dan tata cara sholat tarawih dan witir, tuntunan dan panduan sesuai sunnah yang benar. Salat tarawih dan witir yang dikerjakan pada bulan ramadhan untuk menambah amalan ibadah pada bulan suci puasa.

Baca :

0 komentar

Posting Komentar